Film

Sekutu Tua yang Berduka

Sekuel kedua dari film sebelumnya berjudul Olympus Has Fallen (2013) yang disutradarai Antoine Fuqua, London Has Fallen (2016) adalah sebuah bentuk lain dari franchise Die Hard. Bercerita tentang seorang secret service—pasukan pengawal presiden Amerika Serikat—bernama Mike Banning yang harus berjuang melindungi Benjamin Asher, Presiden Amerika Serikat.

Bagi para penggemar film dengan tema “jagoan yang susah mati” film ini bisa jadi salah satu tontonan yang menarik. Kekurangan dari film ini adalah CGI (Computer Generated Imagery) yang sangat buruk. Penonton masih dapat melihat bahwa ledakan, reruntuhan dan helikopter adalah efek visual. Hal ini cukup mengganggu, di mana berseliweran film dengan CGI yang lebih nyata. Film ini justru tidak.

Film yang disutradarai Babak Najafi ini tidak hanya berisi adegan laga di mana pemeran utama tetap hidup meskipun sudah melewati baku tembak, ledakan dan helikopter jatuh. Kondisi politik internasional tergambar dalam film ini. Bagian menarik dari film adalah para pemimpin dunia yang tewas karena serangan teroris dari Timur Tengah.

Pemimpin dunia yang digambarkan di sini juga cukup detail. Perdana Menteri Italia yang tewas sedang bersama dengan wanita berusia 30 tahun. Alih-alih berada di Katedral namun PM Italia ini berada Westminster Abbey untuk merayakan ulang tahun sang wanita.

Pada film ini tidak disebutkan sang wanita adalah istri atau kekasih dari PM Italia tersebut, namun Perdana Menteri Italia saat ini memang terkenal dalam skandal wanita yang lebih muda. Kabar terakhir adalah Istri Kedua dari Silvio Berlusconi menggugat Cerai karena orang nomor 1 di Italia ini menghadiri ulang tahun remaja berusia 18 tahun.

Presiden Prancis yang tewas dalam film ini sedang menunggu waktu masuk ke Katedral di atas perahu miliknya. Kematiannya diakibatkan ledakan kapal tongkang yang melewatinya. Ada apa Prancis dengan Perahu? Beberapa waktu lalu, Presiden Prancis Francois Hollande mengadakan kesepakatan bersama Perdana Menteri India saat menyusuri sungai Seine.

Ada sosok Kanselir Jerman yang pengasih seperti Angela Merkel, Perdana Menteri Jepang yang tewas saat terjebak kemacetan dalam mobil Jepangnya. Ada pula Perdana Menteri Kanada yang mengeluh putrinya gagal dalam ujian menyetir. Tentunya ini bukan cocokologi yang dengan sembarangan mengambil kesamaan yang kadang belum tentu sama. Para pemimpin di atas tergambarkan secara detail dalam London Has Fallen.

Dalam konteks Hubungan Internasional, film ini memperlihatkan kekuatan yang dimiliki oleh Inggris dalam dunia internasional. Kematian Perdana Menteri Inggris mengharuskan para aliansi dekat Inggris untuk datang ke pemakaman kenegaraan.

Mike Banning dan Lynne Jacobs mengatakan bahwa acara kenegaraan ini adalah bencana, karena mereka tidak sempat menyusun skenario pengamanan Presiden. Presiden Asher tetap bersikukuh datang karena Inggris adalah sekutu Amerika Serikat yang paling tua dan kuat.

Panasnya hubungan dengan NATO Rusia juga tergambar dalam film ini. Pemerintah Inggris mengharuskan mengundang sekutu dan negara yang dekat mereka, tapi jangan sampai mengundang Rusia. Gambaran negara-negara yang ada di film tersebut sangat detail. Cukup menggambarkan kondisi politik internasional saat ini.

Kritik kepada Amerika Serikat tentang penjualan senjata juga ada di film ini. Aamir Barkawi digambarkan sebagai buronan nomor 5 di dunia yang dicari karena melakukan penjualan senjata kepada negara-negara berstatus failed state.

Di akhir percapakan, Barkawi mengatakan bahwa dia tidak menjual senjata, yang dilakukan olehnya adalah menjual pemicu (trigger) seperti yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Masalah senjata ini diangkat di beberapa film. Di antaranya Lord of War (2005), Bowling for Columbine (2002) dan Iron Man (2008). Senjata adalah salah satu produk utama yang dibuat oleh Amerika Serikat.

Dalam film ini juga Amerika Serikat sedikit pamer teknologi senjatanya. Senjata antipesawat terbang, Hydra, diperlihatkan kebolehannya di Olympus Has Fallen. Sedangkan, London Has Fallen memunculkan drone yang dapat menembakkan rudal di awal film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *