Musik

Musik dan Ingatan Masa Sekolah Dulu

Awal 2000-an adalah salah satu momen terbaik, paling tidak untuk saya. Pada kurun waktu ini, saya berada di bangku SMA. Masa yang penuh dengan gejolak kawula muda, percintaan, dan musik yang berkualitas.

Pada masa itu, muncul beberapa musisi dari genre R&B yang cukup dikenang sampai hari ini. Ada Usher, Alicia Keys, Akon, Ne Yo. Saya akan membahas beberapa lagu dari mereka yang cukup terkenal. Melalui tulisan ini, bisa saja Kamu mengingat tentang kisah cinta, merayu, susah move on.

1. If Ain’t Got You – Alicia Keys (2003)

Lagu ini pasti sudah pernah kamu gunakan untuk merayu pacar. Seakan membuat dia menjadi pujaan hati yang setinggi-tingginya. Seorang wanita yang sudah mendapatkan semuanya, namun semua yang ia punya percuma ketika ia tidak mendapatkan pria yang dicintainya.

Some people want diamond rings, some just want everthing, but everything means nothing, if I ain’t got you.” Saya yakin siapa pun akan luluh dengan lagu ini, apalagi kalau kamu mainkan langsung dengan piano dan sebagus Alicia Keys atau sesempuran Adam Lavine, saat cover lagu ini.

Coba diingat lagi, siapa yang pernah kamu rayu dengan lagu ini? Di mana dia sekarang? Sudah menikah atau belum? Coba lagi, siapa tahu masih ada kesempatan terbuka. Kalau sudah ada yang bilang, “So nothing in this whole wide world don’t mean a thing. If I ain’t got you with me, Baby,” lebih baik jangan dibiarkan pergi ke mana-mana.

2. Burn – Usher 2004

Burn, lagu yang sangat apik untuk menggambarkan tentang patah hati dan putus cinta. Berkisah tentang pria yang memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan pacarnya karena merasa sudah tidak bahagia lagi. “Tell me why, I should stay in this relationship. When I’m hurting baby, I ain’t happy baby.

Sayangnya setelah putus, ia menyesali bahwa tidak ada perempuan lain yang mampu menggantikan. “I’m twisted cause one side of me is tellin’ me that I need to move on, On the other side I wanna break down and cry.” Membayangkan saja sudah menyedihkan. Semoga kamu yang mendengarkan lagu ini ketika putus dari pacarmu, sudah mampu move on dan tidak pernah menyesali dia yang telah pergi.

3. Lonely – Akon (2005)

Lagu ini yang paling menyedihkan menurut saya. Lagu ini tentang seorang pria yang menyakiti pacarnya sehingga pacarnya pergi dan pada akhirnya susah move on. Sang wanita sudah melalui berbagai macam cobaan dan kesulitan namun tetap setia berada di sisi yang pria.

Been all about the world, ain’t never met a girl, that can take the things that you been through.” Pada masa lagu ini berada pada puncaknya, teman-teman saya yang jomblo memasang lagu ini berulang kali dan merasa hidupnya paling menyedihkan karena lonely (kesepian). Jadi Kamu yang baca ini, pernah juga pakai lagu ini untuk jadi soundtrack kejombloanmu? Ayo ngaku, jangan ngeles.

4. So Sick – Ne Yo (2005)

Mau move on? Ini lagu yang tepat untuk melakukannya. Ne Yo menggambarkan seseorang yang sudah cukup dengan kesedihan akibat berpisah dengan pacarnya. “No more walking round, with my head down. I’m so over being blue, crying over you.

Si pria benci dengan lagu cinta yang dia dengarkan berulang kali, lelah dengan air mata. Saatnya mulai beranjak pergi dengan mematikan radio. Makna lagu yang cukup bagus untuk mendorong seseorang untuk move on. Tapi ketika lagu ini tenar di Indonesia, banyak yang menganggap ini lagu patah hati, dan berderai air mata saat mendengar lagu ini.

5. My Boo – Usher ft. Alicia Keys (2005)

Kamu pasti pernah menggunakan lagu ini untuk merayu pacar atau gebetan-mu. Sayang sekali, lagu ini ternyata adalah lagu yang pantas diberikan ke mantan sebagai tanda kamu susah move on.

Usher sebagai sang pria mengatakan bahwa ia masih ingat dengan ciuman pertama bersama sang mantan, Alicia Keys. Alicia Keys yang saat itu sudah punya pacar pun masih ingat dengan ciuman pertamanya dengan Usher. Meskipun sedang bersama pacarnya, tapi yang diingat hanya Usher semata.

Even though theres’s another man who’s in my life, you will always be my boo.” Meskipun sudah punya pacar, tapi yang diingat tetap mantannya. Hal ini belum tentu dapat para pria prediksi sebelumnya, seperti yang disampaikan Rose dalam film Titanic, “A Woman hearts is a deep ocean of secrets.

Kondisi ini sangat berbahaya buat pria, karena sang mantan bisa saja muncul tiba-tiba di tikungan terakhir. Membangkitkan memori tentang ciuman pertama yang dulu pernah mereka lakukan, bisa saja sang pacar di-Trian-kan (mantan pacar Cinta di AADC 2). Familiar bukan?

Tulisan ini juga dimuat di https://www.qureta.com/next/post/musik-rb-dan-ingatan-masa-sekolah-dulu pada 14 Mei 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *